Minggu, 11 November 2018

Cara Mengetahui Rumus Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid Tidak Lancar Berapa Hari

ad300
Advertisement
Cara Mengetahui Rumus Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid Berapa Hari


Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Hamil adalah masalah waktu. Waktu yang tepat di mana sel sperma dari lelaki bertemu dengan sel telur dari wanita lantas terjadilah pembuahan. Agar cepat hamil, Anda dapat mengira-ngira kapan masa subur dan masa tidak subur kita terjadi. Tapi bagaimana cara menghitung masa subur setelah haid tidak lancar?

Anda dapat dengan cara memahami kapan masa subur wanita, dengan menyimak siklus menstruasi (siklus haid). Siklus menstruasi dapat menyerahkan petunjuk kapan masa subur perempuan terjadi. Pada ketika ini, kesempatan Anda guna cepat hamil paling besar.

Siklus menstruasi memprovokasi masa subur wanita

Masa subur perempuan bergantung pada siklus menstruasi yang kita miliki. Tiap perempuan mempunyai siklus menstruasi yang berbeda-beda.

Siklus menstruasi adalah rentang dari hari kesatu menstruasi hingga hari kesatu pada menstruasi berikutnya. Normalnya, siklus menstruasi dilangsungkan selama 21-35 hari. Tapi, rata-rata perempuan mempunyai siklus menstruasi sekitar 28 hari.

Nah, salah satu siklus menstruasi ini ada masa sangat subur wanita. Jika terjadi pembuahan (saat sel telur bertemu sperma) di masa subur perempuan ini, maka kehamilan juga terjadi. Namun, andai pembuahan tidak terjadi, sel telur perempuan juga bakal meluruh dan terbit dari vagina dalam format darah. Inilah kenapa wanita masing-masing bulan pasti merasakan menstruasi. Setiap bulan paling tidak perempuan akan mencungkil satu sel telur.

Kapan masa subur perempuan terjadi?
Secara umum, masa subur wanita adalah sekitar masa ovulasi (ketika ovarium mencungkil sel telur). Kapan ovulasi terjadi? Ovulasi terjadi selama 12 hingga 14 hari sebelum periode menstruasi dimulai.

Rata-rata masa subur perempuan mulai terjadi pada hari ke 10 hingga ke 17 sesudah hari kesatu menstruasi, andai siklus menstruasi Anda dilangsungkan selama 28 hari.

Lima hari sebelum ovulasi dan satu hari di mana ovulasi terjadi, adalah masa sangat subur wanita. Ingat, sperma hanya dapat bertahan hidup sekitar 5 hari dan sel telur dapat bertahan hidup melulu satu hari. Kemungkinan Anda guna hamil bertambah tajam andai Anda bersangkutan seksual 2 atau 3 hari sebelum sel telur dilepaskan, dan lantas 12 hingga 24 jam sesudah itu. Berhubungan seksual pada ketika ini adalah peluang besar untuk Anda guna cepat hamil.

Karena siklus menstruasi dan masa subur perempuan berbeda-beda tiap individu, maka Anda mesti menghitung masa subur kita sendiri. Anda dapat menggunakan formula yang akan diterangkan di bawah ini, atau menggali tahu lewat Cara Menghitung Siklus Haid Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil Dengan Kalkulator.

Cara menghitung masa subur wanita Dengan Kalender

Cara menghitung masa subur wanita Dengan Kalender

Satu urusan yang kita perlukan guna menghitung masa subur wanita ialah kalender. Anda butuh menandai masing-masing tanggal di mana Anda merasakan menstruasi untuk dapat menghitung masa subur. Berikut ini adalahlangkah-langkah yang mesti dilaksanakan untuk menghitung masa subur:

1.Ketahui panjang siklus menstruasi Anda
Untuk menghitung masa subur, Anda mesti menandai siklus menstruasi tiap bulan dan menghitung berapa lama urusan itu berlangsung. Panjang siklus menstruasi dihitung dari hari 1, yakni hari kesatu kita menstruasi, hingga hari terakhir, yakni hari sebelum periode menstruasi selanjutnya dimulai.

Karena panjang siklus Anda bisa sedikit bertolak belakang dari bulan ke bulan, usahakan kita mencatatnya selama sejumlah bulan untuk memahami rata-ratanya, minimal 8 bulan andai mungkin.

2.Hitung estimasi masa subur
Tahap selanjutnya dalam menghitung masa subur, yakni cari siklus terpanjang dan siklus terpendek dari siklus menstruasi Anda masing-masing bulannya. Setelah itu:

Kurangi 18 hari dari siklus terpendek Anda. Ini ialah hari kesatu Anda menginjak masa subur. Misal, siklus terpendek Anda ialah 25 hari, maka hari kesatu masa subur Anda ialah hari ke 7 sesudah hari kesatu menstruasi.
Kurangi 11 hari dari siklus terpanjang Anda. Ini ialah hari terakhir masa subur Anda. Misal, siklus terpanjang Anda ialah 29 hari, maka hari terakhir masa subur Anda ialah hari ke 18 sesudah hari kesatu menstruasi.
Berhubungan seks salah satu waktu itu (antara hari ke 7-18 sesudah menstruasi) merupakan peluang terbaik Anda guna cepat hamil. Waktu ini barangkali akan berbeda-beda tiap individu. Lalu, tunggu apalagi? Silakan jajaki menghitung masa subur kita sendiri.

Memprediksi masa subur wanita melewati tanda-tanda pada tubuh

Memprediksi masa subur wanita melewati tanda-tanda pada tubuh

Jangan khawatir, andai Anda kendala memperkirakan masa subur melewati siklus menstruasi. Ada teknik lain untuk menebak masa subur, yakni dengan memahami tanda-tanda yang diperlihatkan oleh tubuh. Tubuh dapat menunjukkan tanda-tanda ketika ia siap mengerjakan ovulasi. Hal ini tentu dapat membantu kita dalam memahami masa subur dan merencanakan kehamilan.

Tanda-tanda di dalam tubuh sedang terjadi ovulasi, yaitu:


1. Suhu tubuh basal tidak banyak naik
Suhu tubuh basal adalahsuhu tubuh kesatu di pagi hari, sebelum kita beranjak dari lokasi tidur. Sehingga, Anda dianjurkan untuk mengukur suhu tubuh basal ini sebelum kita bangun dari lokasi tidur. Jika kita beranjak dari lokasi tidur dan mengukur suhu tubuh sesudah itu, barangkali suhu tubuh berubah dan ini bukan adalahsuhu tubuh basal. Rata-rata suhu tubuh basal berkisar antara 35,5 – 36,6°C.

Suhu tubuh basal dapat berubah mengekor kadar hormon dalam tubuh. Saat tubuh mencungkil sel telur, hormon tubuh dapat berubah dan ini memengaruhi suhu tubuh basal. Suhu tubuh bakal naik sedikit, seringkali kurang dari satu derajat, dan bakal tetap tinggi hingga periode menstruasi dimulai.

Jika suhu tubuh kita naik sedikit, selama 0,4-0,8°C dari suhu biasanya, barangkali tubuh sudah mengerjakan ovulasi dalam 12 hingga 24 jam terakhir. Jika Anda menulis suhu tubuh basal Anda masing-masing hari, kita mungkin dapat melihat evolusi suhu tubuh basal masing-masing hari. Ini dapat membantu kita dalam memperkirakan kapan tubuh ovulasi.

Sebaiknya pakai termometer basal tubuh. Termometer ini lebih sensitif daripada yang standar dan akan mengindikasikan perubahan suhu yang lebih rendah sejumlah derajat.

Di Kutip Dari : www.sunlife.co.id
Share This
Latest
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 komentar: